Menjalankan Bisnis Es Teh

Salah satu minuman segar yang jarang sekali alpa dari menu warung hingga café atau restoran di Indonesia adalah es teh. Dengan demikian kita bisa mengambil kesimpulan bahwa minuman segar yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat kita. Inilah sebabnya bisnis es teh juga merupakan usaha kuliner dengan potensi keuntungan yang luar biasa mengingat penggemarnya yang cukup banyak.

Tetapi tentu tak hanya satu pebisnis atau calon pebisnis yang mempunyai pemikiran demikian sehingga harus disadari bahwa kompetitor Anda pun cukup banyak. Inilah sebabnya sebelum memutuskan untuk terjun dalam bidang usaha kuliner, terutama minuman es teh tentukan terlebih dahulu strategi yang bisa Anda jalankan untuk memenangkan persaingan.

Bisnis es teh mandiri atau waralaba?

bisnis es tehEs teh adalah salah satu minuman yang teknik meraciknya tergolong paling mudah. Anda hanya cukup menyiapkan teh seduh atau kantong, gula secukupnya, dan tentu saja air es atau es batu. Tetapi tentu hanya dengan modal demikian, produk yang Anda tawarkan tak akan terlalu menarik perhatian calon konsumen karena di luas sana mungkin ada puluhan atau bahkan ratusan produk yang serupa. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisnis es teh sukses meraih keuntungan? Inilah beberapa tips sederhana bagi Anda.

  1. Produk inovatif

Jangan terburu-buru untuk membuka bisnis kuliner Anda sebelum mendapatkan jurus yang tepat untuk sukses. Salah satu caranya adalah mampu menampilkan produk dengan kreasi dan inovasi terbaru untuk tampil dengan karakter berbeda yang lain daripada produk pesaing. Hanya dengan cara demikian konsumen akan penasaran dan bersedia mencoba produk baru dari Anda. Teh dengan rasa buah, teh tarik dengan campuran susu, teh madu, atau yang lainnya mungkin bisa menjadi ide untuk salah satu kreasi Anda.

  1. Lokasi

Dalam menjalankan suatu usaha termasuk bisnis es teh salah satu unsur yang bisa menjadi penunjang keberhasilan bisnis Anda adalah lokasi yang tepat. Tempat-tempat ramai selalu menjadi referensi yang terbaik terutama untuk bisnis makanan dan minuman. Usaha minuman segar pada umumnya akan mendulang keuntungan berlipat saat cuaca tengah terik atau saat bulan Ramadhan dimana banyak orang memburu minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa.

  1. Target pasar

Membidik pasar tertentu untuk bisnis es teh Anda akan memudahkan Anda untuk fokus dalam melakukan promosi. Misalnya target pasar Anda adalah remaja, maka mulai dari nama brand, kemasan, hingga bentuk promosi bisa idealnya diberi nuansa khas anak muda. Dengan demikian calon konsumen akan tertarik dengan produk Anda.

  1. Promosi

Lakukan promosi untuk memperkenalkan produk Anda atau yang disebut dengan branding. Media sosial akan membantu sebagai sarana promosi bisnis Anda. Jangan lupa untuk mem-posting produk Anda dengan foto terbaik. Berikan potongan harga, diskon, kuis, atau yang lainnya sebagai salah satu strategi marketing dalam merintis bisnis es teh Anda.

Nah, semoga bermanfaat!