Merintis Usaha Waralaba Minuman

berbagai wilayah di Indonesia usaha waralaba minuman sangat mudah kita temui mulai dari jus, minuman bubble, capuccino cincau, cendol, milkshake, kopi, teh, dan masih banyak lagi. Dari kondisi tersebut tentu sedikit banyak kita bisa menyimpulkan bahwa jenis kuliner ini mendapat sambutan yang cukup baik di masyarakat serta merupakan bisnis dengan prospek yang cukup cerah.

Memulai usaha waralaba minuman

Bila Anda tergolong orang yang mempunyai skill bagus di bidang kuliner dan mampu merancang sebuah produk minuman yang belum pernah ada sepenuhnya berarti Anda berpeluang untuk menjadi pebisnis kuliner dalam bidang tersebut. Setelah keunggulan produk Anda teruji dengan sistem bisnis yang mudah diduplikasi dan dijalankan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi pemilik usaha waralaba minuman. Inilah beberapa hal yang penting Anda cermati sebelum mendaftarkan bisnis Anda menjadi waralaba.

  1. Mempunyai ciri khas  

Usaha yang layak diwaralabakan adalah usaha yang mempunyai kelebihan tertentu yang unik dan berbeda dari bisnis-bisnis lain yang sejenis. Hal ini penting untuk menjadi daya tarik bagi konsumen. Penting untuk sebuah produk waralaba menghadirkan sesuatu yang sulit ditandingi oleh kompetitornya.

  1. Terbukti menghasilkan keuntungan

Pemilik bisnis paling sedikit harus mempunyai pengalaman selama 5 tahun dalam mengelola bisnisnya. Artinya ia terbukti mampu mengatasi beragam permasalahan yang dihadapi oleh bisnis yang dimiliki. Selain itu selama kurun waktu tersebut profit usahanya selayaknya terus menunjukkan trend positif.

  1. Standarisasi

Sebagai pemilik usaha waralaba minuman sangat penting untuk membuat standar pelayanan tertulis atas produk yang ditawarkan. Hal ini untuk memudahkan pembeli lisensi memahami konsep usaha dan merealisasikannya sesuai panduan.

  1. Mudah diaplikasikan

Sistem bisnis yang dijalankan oleh pemilik usaha harus mudah diaplikasikan dan diajarkan untuk mengakomodasi minat pebisnis pemula yang ingin menjadi mitra franchise tersebut.

  1. Adanya konsistensi dalam memberikan dukungan

Keberlangsungan usaha franchise termasuk pada usaha waralaba minuman memang tergantung dari pembeli lisensi usaha tersebut, tetapi pemilik waralaba berkewajiban untuk memberikan dukungan secara berkesinambungan dalam hubungan yang saling menguntungkan dengan pembeli waralaba.

  1. Hak intelektual

usaha waralaba minumanSebelum mendaftarkan bisnis Anda jangan lupa melindungi portofolio bisnis serta aset Anda dalam naungan hukum yang legal. Inilah sebabnya segala hal yang berhubungan dengan hak atas kekayaan intelektual harus didaftarkan untuk memperoleh sertifikat resmi, seperti nama dan logo usaha, merk produk, materi hak cipta, paten teknologi, dan seterusnya. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang segala yang berkaitan dengan hal ini, Anda bisa mengunjungi website resmi Direktorat Jenderal HKI di alamat www.dgip.com.

Nah, demikianlah 6 point yang harus menjadi perhatian Anda bila Anda menargetkan untuk menjadi pemilik usaha waralaba minuman untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba!