5 Kendala yang Harus Dihadapi Dalam Bisnis Waralaba Teh

Semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia menyebabkan banyak dari mereka yang terdorong untuk menginvestasikan dana yang dimiliki dengan memilih bisnis franchise yang dianggap menguntungkan. Waralaba teh menajdi pilihan yang tepat bagi pengusaha dengan modal kecil yang ingin memiliki sebuah bisnis yang menguntungkan. Namun terkadang, Anda tidak menyadari bahwa banyak kendala yang harus dihadapi untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Apa Saja Kendala Bisnis Waralaba Teh?

Untuk bisa meminimalisir resiko kegagalan serta kerugian dalam menjalankan bisnis waralaba teh, ada beberapa kendala yang harus dihadapi sebagai berikut:

  • Resiko kehilangan uang

Dalam melakukan bisnis franchise teh, maka Anda harus siap kehilangan uang yang diperuntukkan membayar berbagai macam biaya demi kelancaran usaha yang Anda jalankan seperti harus membayar franchise fee kepada pengusaha atau pemilik usaha teh yang menjadikan Anda sebagai mitra. Terlebih lagi franchise fee biasanya bersifat frundable yang artinya uang yang telah Anda setorkan kepada pihak franchisor tidak dapat diminta atau ditarik kembali.

  • Harus siap untuk mengalami kerugian

Seorang pebisnis harus siap menghadapi kerugian terlebih dahulu untuk bisa mengembangkan usaha yang dijalankannya. Dalam bisnis teh bisa dilihat banyak sekali pesaing yang juga memiliki produk serupa sehingga pelanggan memiliki berbagai macam pilihan. Hal tersebutlah yang terkadang membuat Anda menjadi merugi karena belum bisa memenuhi target penjualan yang tekah disiapkan. Oleh sebab itu, banyak sekali pihak franchisee yang ditantang untuk bisa memperkecil resiko kerugian itu dnegan menjalankan bisnisnya sungguh-sungguh.

  • Anda harus siap untuk diatur oleh pihak franchisor

Meskipun secara tidak langsung Anda membeli duplikasi bisnis dari franchisor sebagai pemilik pertama dan sudah membayar biaya secara lunas, namun Anda tetap akan dipantau serta diatur oleh franchisor sehingga Anda tidak bisa bebas dalam menjalankan sebuah usaha. Anda hanya diperbolehkan untuk mengambil bahan baku melalui franchisor sehingga rasa teh serta kualitas yang dihasilkan tetap sama dan bisnis Anda tidak akan dibandingkan dengan para pesaing lain yang juga memiliki bisnis serupa.

  • Tidak ada perpanjangan kontrak waralaba

waralaba teh murahTidak semua bisnis waralaba teh memiliki kebijakan perjanjian yang berlaku seumur hidup. Beberapa dari mereka bahkan tidak mengijinkan kemitraannya untuk memperpanjang kontrak sehingga pihak franchisee merasa harus memutar otak untuk bisa meneruskan bisnis sekaligus memperhitungkan jumlah resiko kerugian yang akan diterima. Kebanyakan dari perjanjian waralaba akan mengakhiri perjanjian pada periode waktu tertentu seperti 5, 10, 15, ataupun 20 tahun.

  • Ketertarikan konsumen menurun

Setiap barang atau produk yang dijual termasuk juga teh memiliki rotasi serta perputaran dimana tidak selamanya teh itu akan diminati oleh masyarakat apalagi jika ditemukan produk baru yang lebih menarik. Maka Anda harus bersiap menghadapi penurunan konsumen.

Dengan mengetahui berbagai kendala yang dihadapi dalam bisnis waralaba teh, maka diharapkan Anda bisa mengambil tindakan serta cara untuk mengantisipasi hal tersebut sehingga bisnis tetap berjalan.